Tak Perlu Program Khusus, Berat Badan Messi Segera Turun

mbida messi persib Usai menjalani laga uji coba melawan PSAD, Pelatih Jajang Nurjaman meminta agar Mibda Messi menurunkan berat badan 2-3 kg.

Menanggapi keinginan pelatih itu, dr Raffi Gani mengatakan bahwa tidak perlu lama keinginan Jajang Nurjaman akan terkabulkan tanpa perlu memberi program khusus kepada Mbida Messi.

Dokter tim Persib itu menjelaskan bahwa masalah body fat yang dialami Messi saat ini bukanlah masalah serius dan bisa terjadi pada semua pemain yang lama tidak berlatih. Dengan berjalannya program latihan, maka dengan sendirinya masalah body fat akan turun dengan sendirinya. Apalagi menurun dr Gani, kebugaran tubuh Messi sudah bagus.

"Kalau soal body fat, nanti prosesnya saja. Pemain lain juga sama. Sekarang, asal dia bisa mengikuti prosedur, kadar body fat juga akan turun dengan sendiri," ujar Rafi. inilah.com

"Sebenarnya gemuk nggak masalah, asal massa otot bagus. Tapi kita menginginkan, body fat menurun tapi massa otot dapat meningkat. Itu idealnya. Makanya kita cek kesehatan dan ukur jumlah kalori. Soal hasil kesehatan, Messi dan Abanda Herman tidak ada masalah. Sejauh ini sudah bagus. Kalau ada body fat yang meningkat, itu biasa karena mereka libur cukup lama. Dengan latihan, semuanya bisa turun asal kadar kalori mereka terkontrol," ucapnya.